Wisata Transmigrasi

Saya sudah 13 tahun tinggal di Manokwari. Sudah banyak tempat wisata yang saya perna kunjungi di kabupaten yang kini menjadi ibu kota Porvinsi Papua Barat terutama untuk daerah wisata yang dekat dari kota. hari ini, saya menjadi sadar jika masih ada lokasi wisata yang cukup menarik dan selama ini belum banyak diketahui masyarakat Manokwari atau mungkin saya saja yang baru nyadar???. Daerah transmigrasi di Prafi dan Masni alias Satuan Pemukimana (SP) 1-11.

Gambar

Masni berada di bagian barat Kota Manokwari dengan jarak sekitar 100 km. Jalan menuju ke Masni beraspal dengan kondisi yang bagus dan akses kesana cukup mudah.  tersedia transportasi regular melalui terminal Pasar Wosi baik minbus maupun damri hanya saja damri hanyatersedia pada pagi hari. Naik motor juga lumayan asyik hanya saja harus berhati-hati karena ada banyak perkampungan sepanjang jalan menuju ke Masni.

 

Jadi apa saya yang menjadi daya tarik untuk berwisata ke SP ? (Masni, Prafi dan Sidey)?  setelah beberapa kali saya mengunjungi daerah transmigrasi yang awalnya dihuni oleh sekitar ratusan jiwa transmigran dari tanah Jawa pada awal tahun 1990an. Setidaknya ada 3 tawaran yang bisa saya sarankan untuk dinikmati dalam berwisata ke Calon ibukota Kabupaten Manokwari karena  Ibukota Manokwari saat ini akan segera menjadi Kota Madya.

Pertama: Wisata Sejarah Transmigrasi. Bayangkan ,,,,, dataran Prafi hingga Sidey merupakan kawasan lembah yang  dikelilingi bukit dan gungung . Dari topografi dan landscapnya saja sudah menarik. Namun bagi saya kehidupan para transmigran yang tersebar dari Prafi hingga Sidey itu merupakan sebuah sejarah panjang yang bisa menjadi cerita ala sinetron. Saya yakin , kehidupan mereka tidak  serta merta sesukses sekarang. Membayangkan transportasi menuju kota Manokwari saja jaman itu pasti susahnya minta ampun. Bahkan kita  masih bisa menemukan rumah-rumah papan yang lapuk termakan usia dimana rumah-rumah kayu tersebut  merupakan rumah pertama yang ditempati para transmigran pada awal mereka datang. Cerita jatuh bangun para transmigran ini menjadi sebuah cerita panjang yang menarik untuk disimak.

GambarKedua: Wisata Resort ala transmigrasi. di SP 7 ada sebuah penginapan mirip resort. Ada belasan  kamar hunian  dan fasilitas hiburan berupa karoke, band dan kolam pemancingan. Ada juga falitas beramain berupa flying fox dan perahu bebek. menariknya, “resort” ini berada di kawasan transmigrasi sehingga suasananya sangat berbeda dengan resort-resort di pantai, pulau atau ditempat lain. Suasana tenang dan jauh dari keramaian dapat namun anda juga masih bisa melihat kehidupan desa dimana para penduduk melakukan aktifitas di sawah, kebun dan beternak.

Gambar

Kuliner di daerah SP pun cukup menggugah selerah. di SP 1 misalnya ada warung sabar menanti yang sudah tersohor di Manokwari. selain itu masih ada warung lalapan ayam kampung dan ikan mujair di warung Sido Mampir di SP 4 . Dan yang  paling tidak boleh terlewatkan adalah sate kambing yang ada di warung sate kambing di SP .

Gambar

Ketiga: Wisata Kelapa Sawit. Di dataran Prafi hingga Sidey sendiri sangat gampang menemukan pohon kelapa sawit. ini karena memang sebagian wilayahnya merupakan perkebunan kelapa sawit milik PTPN II yang usinya sudah lebih dari 20 tahun. bahkan banyak pohon kelapa sawit milik PTPN yang sudah tidak produktif dan harus  segerah di remajakan. ebebrapa tahun terakhir ada lagi perusahaan MEDCO yang membuka ribuan hektar perkebunan sawit. Nah untuk PTPN ini seperti biasa, andalan mereka adalah metode plasma jadi urusan sawit semuanya dikerjakan masyarakat transmigran. jadi, kita bisa menyaksikan proses pemanenan sawit hingga pengolahan tandan sawit menjadi minyak sawit mentah atau  crude palm oil (CPO).

Gambar

Jadi, tidak hanya anda tidak hanya bisa berenang di Pantai Pasir Putih, atau menyelam di wreck Pulau Mansinam, menyelami karang Pulau Lemon, melihat atraksi pemanggilan ikan di Bakaro , Mendaki Gunung Meja dan Gunung Arfak atau berdingin-dingin riah di Danau Anggi tapi berwisata imingrasi di Prafi pun bisa jadi pilhan anda 🙂

Iklan

5 thoughts on “Wisata Transmigrasi

    1. melanopus Penulis Tulisan

      Dear Catrin Siregar. Manokwari memiliki beberapa tempat yang menarik. Ada Danau ANggi yang berada di ketinggian 2000 m DPL, Cagar Alam di Pegunungan Arfak , di sana anda bisa melihat burung pintar dan burung cenderawasih. ada juga Gunung Meja yang berada dousat kota dan perna menjadi saksi sejarah perang dunia kedua.
      Suka Laut? kota manokwari berada dipinggir laut . ada beberapa pantai yang indah untuk sekedar bersantai, berenang, snoekeling atau bahkan menyelam.

      Balas
      1. Catrin Siregar

        Terima kasih atas info anda. Saya masih harus mencari info kapal Sorong-Manokwari. Bisakah anda sarankan penginapan yang aman dan tidak begitu mahal? Kami hanya punya 3 hari, apa saja yang bisa kami kunjungi dalam tempo tersebut?

      2. melanopus Penulis Tulisan

        Hi Catrin, untuk info kapal bisa mengunjungi pelni.co.id. penginapan yang aman dan murah meriah anda bisa dapat di jelan trikora wosi depan APAP ada satu losmen tapi lupa namanya. ada juga hotel LIN dan Bilijaya hotel yang menyediakan room ekonomi sekitar 150an . yan gbisa anda kunjungi dalam 3 hari yang pasti Pulau Mansinam, Pantai Pairputih, Bakaro dan gunung meja. 🙂

  1. melanopus Penulis Tulisan

    maaf termabat balasnya, anda bisa masuk website milik PT Pelni untuk urusan kapal 🙂
    untuk penginapan di Manokwari yang murah meriah ala backpacker ada 3. satu di daerah Taman ria. satu di daerah sarina kota dekat dan sat di lapangan borarsi dekat pelabuhan saya lupa nama dari 3 penginapan ini. kalau mau hotel yang murah meriah ada Billy jaya hotel dan Liin Hotel.
    untuk 3 hari anda bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi Mansinam dan Pulau Lemon, Pantai Pasirputih dan pantai Bakaro. anda juga bisa mengunjungi Gunung meja dengan tugu jepangnya. semuanya dekat dari kota.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s